Jumat, 10 Desember 2010

pemasaran online

Pemasaran adalah sebuah proses dalam memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia. Jadi, segala kegiatan dalam hubungannya dalam pemuasan kebutuhan dan keinginan manusia merupakan bagian dari konsep pemasaran. Pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian bertumbuh menjadi keinginan manusia. Kalau dihubungkan dengan media untuk menyampaikan pesan pemasaran tersebut maka salah satu yang dahsyat adalah internet. Internet marketing dapat menjangkau manusia lainnya tanpa batas ruang dan waktu. Sehingga timbullah istilah pemasaran menggunakan internet, atau Internet Marketing.

Sekarang ini, untuk memasarkan barang jualan kita kepada pembeli tidak perlu menjualkan barangnya langsung kepada pembeli. Pemasaran yang sangat dianjurkan adalah pemasaran online. Pemasaran online ini memanfaatkan teknologi search engine. Dengan strategi ini kita mengundang calon pelanggan yang relevan dengan produk/jasa yang kita tawarkan untuk mengetahui produk/jasa kita melalui website. Karena saat ini banyak orang yang mencari barang di internet. Kita hanya perlu menjelaskan barang yang kita jual secara detail. Untuk memasarkan barang yang dijual, kita harus membuat website atau misalnya melalui jaringan social facebook. Karena pada facebook sekarang ini juga banyak jasa yang menawarkan produk secara online. Biasanya cara awal yang digunakan yaitu menambahkan teman terlebih dahulu. Baru setelah itu toko online yang kita buat bisa menawarkan produk yang kita jual kepada semua teman yang ada di daftar. Secara sederhana memasarkan produk lewat internet berarti memajang, menceritakan atau mendeskripsikan produk tersebut, atau membangkitkan keingginan orang akan produk. Tentu saja caranya bisa dengan menuliskannya, atau menyertakan audio atau video tentang hal tersebut di Internet, dalam hal ini adalah di website. Misalnya kita akan memasarkan souvenir untuk acara apapun. Selain memasang foto ataupun video kita juga perlu menyampaikan ide-ide yang menarik agar para konsumen merasa tertarik dengan produk kita.

Agar pelanggan mengerti tentang bagaimana cara untuk membayar, bagaimana produk akan sampai ke rumah mereka, bagaimana garansi yang mungkin ada, bagaimana layanan purna jual jika tersedia dan sebagainya perlu disebutkan di website. Produk yang dipasarkan harus dijelaskan secara mendetail baik bentuk, kualitas dll. Kita juga harus menyantumkan rekening yang akan digunakan untuk membayar produk. Selain itu, kita bisa mencantumkan alamat email atau no. telp untuk costumer yang ingin bertanya lebih lanjut. Sikap yang harus tersampaikan pun harus ramah dan baik agar para konsumen merasa nyaman. Pemasar yang baik adalah juga pemasar yang melakukan servis purna jual, responsif terhadap keinginan pelanggan dan membangun hubungan yang berkelanjutan. Dengan demikian Anda lebih berpotensi untuk menciptakan penjualan berikutnya, baik produk yang sama di waktu yang lain atau produk-produk baru yang anda kembangkan.

Kendala dalam berbisnis atau memasarkannya secara online juga ada. Memulai bisnis secara online tidak ada bedanya dengan bisnis secara offline selain membutuhkan modal materi, bisnis di internet juga seharusnya setiap individu paling tidak memiliki sedikit akuntabilitas.

Secara pribadi kendala utama dalam memulai usaha bisnis online adalah:

  1. Koneksi Internet
    Mungkin bagi Anda yang tinggal di daerah kawasan perkotaan atau kota-kota besar koneksi internet bukanlah menjadi suatu kendala yang berarti, namun sebaliknya bagi mereka yang tinggal di desa seperti saya dimana jaringan Internet masih jauh di bawah standart.
  2. Penguasaan Bahasa Asing
    ini merupakan kendala terbanyak dan paling umum dimiliki oleh para pemula bisnis online yaitu faktor penguasaan bahasa asing atau inggris. Walaupun ada saja solusi untuk mengatasi masalah tersebut seperti bisnis paid review dengan memakai jasa penerjemah namun tetap saja tidak akan maksimal usaha yang dilakukan karena sifat ketergantungan secara terus-menerus tidak akan bisa menjamin totalitas hasil usaha akan terwujud secara maksimal.
  3. Kemampuan dan Tekad
    Tekad saja alias modal nekat serta kemauan hasrat tinggi tidaklah cukup untuk sukses dalam bisnis internet tanpa memiliki kemampuan atau salah satu keahlian dasar dari seluruh cakupan yang dibutuhkan sebagai penunjang dalam hal ini adalah hal-hal yang merupakan bagian dari faktor yang harus setidaknya sedikit terpenuhi sebagai kelengkapan atau materi modal skill di bisnis online.

Jadi kesimpulan untuk melakukan pemasaran produk secara online adalah memerlukan modal yang cukup, pengetahuan yang lebih tentang internet, dan juga waktu yang banyak. Memiliki bisnis online sangat membutuhkan waktu, kreatifitas, dan juga modal yang cukup. Sebagai pemula mungkin solusi terbaik sebelum terjun di dunia bisnis online ada baiknya Anda melakukan pendekatan secara personal pada orang-orang/ blogger/ marketer. Bisnis online juga merupakan alternative meskipun terkadang bisnis ini mempunyai kendala tersendiri. Sebisa mungkin kita harus bisa mengatasi masalah yang muncul dalam memasarkan produk.