Rabu, 30 Januari 2013

Layanan Informasi Pembayaran Kuliah Melalui SMS


ABSTRAK

       Perkembangan teknologi telah membuat adanya pergeseran kekuatan kepada pelanggan atau pasar. Pelanggan menjadi faktor penting yang harus diperhatikan. Informasi yang semakin mudah diperoleh, membuat daya tawar pelanggan semakin tinggi dan pelanggan selalu ingin mendapat yang diinginkan dengan mudah, murah, berkualitas dan sesuai dengan kebutuhannya. Perubahan struktural ini mengharuskan sebuah perusahaan untuk mengembangkan sebuah strategi e-Bisnis yang inovatif, dengan memusatkan perhatian kepada pasar. Perubahan struktural ini juga membutuhkan proses perubahan secara besar-besaran. Pada waktu yang sama, perusahaan harus membangun sebuah infrastruktur e-Bisnis yang berorientasi pada perbaikan layanan secara kontinu dan inovatif.
Teknologi hadir untuk memberikan kemudahan terhadap suatu masalah yang dihadapi oleh masyarakat. Salah satu teknologi yang sangat populer oleh pengguna telepon selular saat ini adalah SMS (Short Message Service). Dengan menggunakan fasilitas SMS ini dapat dibangun sebuah aplikasi sistem informasi akademik berbasis SMS interaktif. Dipilihnya teknologi komunikasi dalam bentuk SMS ini dikarenakan lebih praktis, cepat, murah dan efisien untuk menyampaikan informasi, dibandingkan dengan sistem informasi akademik yang berbasis web yang saat ini telah menjadi populer dikalangan pengguna.
Layanan informasi pembayaran kuliah berbasis SMS interaktif ini mempunyai fungsi sebagai pemberi informasi mengenai tagihan serta status pembayaran kuliah baik tagihan SPP maupun tagihan SKS dan nilai akademik mahasiswa di perguruan tinggi kepada orang tua mahasiswa melalui SMS. Sehingga orang tua mahasiswa dapat memperoleh informasi pembayaran kuliah dan nilai akademik mahasiswa dalam bentuk pesan SMS yang dikirimkan oleh sistem setelah melakukan pemrosesan terhadap keyword yang telah dikirimkan oleh user orang tua mahasiswa.


Jurnal ini membahas tentang layanan infromasi pembayaran kuliah melalui SMS. Informasi yang dapat diperoleh yaitu informasi tagihan serta status pembayaran kuliah dan juga data nilai akademik kepada user orang tua mahasiswa.
Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan, maka dapat diambil hasil analisis atas kinerja dari layanan informasi pembayaran kuliah berbasis SMS interaktif ini yang telah didapat, yaitu :
1.        Dari sisi user orang tua, sistem telah mampu mengenali format sms yang dikirimkan oleh user orang tua. Sehingga apabila user orang tua tidak mengirimkan SMS sesuai format, baik disengaja ataupun tidak tidak disengaja maka sistem akan mengirimkan  pesan  kesalahan.  Sedangkan  dari sisi user admin sistem juga telah mampu menampilkan pesan kesalahan berupa messagebox apabila admin melakukan kesalahan baik kesalahan input ataupun kurang tepat dalam mengisikan data.
2.   Dilihat dari sisi SMS  servenya,  sistem telah mampu menampilkan data-data yang berhasil diisikan  oleh  admin berupa tabel data sesuai yang  diisikan  pada  form  isiannya.  Sedangkan dari sisi user orang tua, sistem telah mampu mengirimkan SMS balasan sesuai kode perintah yang dikirimkan oleh user orang tua.
Kelebihan dari sistem ini adalah, format SMS sudah dapat dibatasi pada tiap blok smsnya menggunakan karakter spasi sesuai aturan yang telah ditentukan sebelumnya. Pesan balasan dari sistem diterima dengan cepat, apabila tidak ada gangguan pada provider yang sedang digunakan. Sudah dilengkapi fasilitas pencarian data. Telepon atau modem yang digunakan untuk koneksi dengan sistem telah bersifat dinamis sehingga bisa melakukan pergantian sebagai server.
                Selain memiliki kelebihan pada sistem, terdapat kekurangan dari sistem seperti Belu adany fasilitas   phon booserta belum mampunya sistem menyimpan masukan data baik data akademuk mahasiswa maupun data tagihan mahasiswa secara berkala tiap semesternya.
Layanan informasi pembayaran kuliah berbasis SMS interaktif ini merupakan aplikasi  yang dapat memberikan kemudahan kepada user orang tua mahasiswa untuk mengetahui atau mencari informasi tentang pembayaran kuliah melalui SMS meliputi data nilai akademik, data tagihan serta status pembayaran kuliah. Pada sistem ini diperlukan telepon seluler pada bagian server sebagai telepon gateway yang dikoneksikan ke komputer, sehingga dapat menerima  pesan  dari  telepon  seluler  pengguna dan kemudian diproses oleh komputer.

Minggu, 16 Desember 2012

“Faktor-Faktor Fundamental Keuangan Yang Mempengaruhi Resiko Saham”


Tugas ini membahas  Jurnal tentang “Faktor – faktor Fundamental Yang Mempengaruhi Resiko Saham” 

Abstraksi Pada Jurnal.


Abstrak:
Adapun tujuan penelitian ini adalah sebagai referensi bagi perusahaan untuk lebih memperhatikan faktor fundamental perusahaan dalam mengeliminir pengaruh risiko pasar sehingga nilai perusahaan akan lebih tinggi dan akhirnya akan bisa memberikan kemakmuran bagi stakeholders. Faktor-faktor fundamental seperti DER, ROE, EPS, PER dan OPM mempunyai berpengaruh terhadap risiko sistematis Beta. Hal ini terjadi karena banyak perusahaan yang memiliki tingkat DER yang tinggi sementara tingkat ROE nya rendah.

Pendahuluan:
Pasar modal saat ini dipandang sebagai sarana efektif untuk mempercepat pembangunan suatu negara. Melalui pasar modal dimungkinkan terciptanya usahawan yang dapat menggalang penyerahan dana jangka panjang dari masyarakat untuk disalurkan ke sektor-sektor produktif. Hal ini sejalan dengan fungsi pasar modal  yaitu meningkatkan dan menghubungkan aliran dana jangka panjang dengan kriteria pasarnya secara efisien yang akan menunjang pertumbuhan riil ekonomi secara keseluruhan. Satu keunggulan penting yang dimiliki pasar modal dibandingkan bank adalah bahwa untuk mendapatkan dana sebuah perusahaan tidak perlu menyediakan agunan, sebagaimana dituntut oleh bank. Dengan menunjukkan prospek yang baik, maka surat berharga perusahaan tersebut akan laku dijual di pasar modal.
Kegiatan investasi yang dilakukan investor adalah kegiatan untuk menempatkan dana pada suatu atau lebih suatu aset selama periode tertentu dengan harapan dapat memperoleh sejumlah keuntungan dimasa yang akan datang. Biasanya para pemodal tidak akan menempatkan seluruh dana yang tersedianya pada satu jenis aset. Hal ini menunjukkan bahwa ada factor yang harus dipertimbangkan sebelum memilih jenis investasi yang akan dimasuki seperti risiko yang akan ditanggung. Sumber risiko dapat dibagi atas 2 (dua) kelompok yaitu risiko sistematis yang merupakan risiko yang mempengaruhi semua (banyak) perusahaan dan resiko tidak sistematis yang merupakan risiko yang mempengaruhi atau (sekelompok kecil)
perusahaan.

Faktor-faktor Fundamental yang mempengaruhi antara lain:
1. Debt Equity Ratio (DER)
DER yang semakin besar akan mengakibatkan risiko financial perusahaan yang semakin tinggi. Hubungan DER dengan beta saham adalah positif artinya semakin tinggi tingkat DER akan mengakibatkan semakin tinggi risiko pasar dan sebaliknya tingkat DER yang rendah akan mengakibatkan risiko sahamnya rendah.
2.  Return on Equity (ROE)
Return on equity menggambarkan sejauh mana kemampuan perusahaan menghasilkan laba yang tersedia bagi pemegang saham. Bagi investor semakin tinggi ROE menunjukkan risiko investasi kecil. Atau dengan kata lain dikatakan bahwa semakin tinggi ROE akan mengakibatkan beta saham tersebut semakin rendah sebaliknya bila ROE rendah akan mengakibatkan beta sahamnya semakin tinggi.
3. Earning Per Share (EPS)
Informasi earning per share suatu perusahaan menunjukkan besarnya laba bersih perusahaan yang siap dibagikan bagi semua pemegang saham perusahaan. Besarnya EPS suatu perusahaan bisa diketahui dari informasi laporan keuangan perusahaan.
4. Price Earning Ratio (PER)
Informasi PER mengindikasikan besarnya Rupiah yang harus dibayarkan investor untuk memperoleh satu Rupiah earnings perusahaan atau dengan kata lain, PER menunjukkan besarnya harga setiap satu Rupiah earning perusahaan. Dengan demikian bisa dikatakan bahwa PER juga merupakan ukuran harga relatif dari saham perusahaan.
5.  Operating Profit Margin (OPM)
Operating profit margin mengukur presentase setiap penjualan setelah semua cost and expenses diluar biaya bunga dan pajak. OPM menunjukkan laba murni (pure profit) yang diperoleh dari setiap penjualan. Bagi investor yang diinginkan tentunya adalah operating profit margin.

Jadi tugas ini saya membahas tentang “Faktor – faktor Fundamental Yang Mempengaruhi Resiko Saham” , pada jurnal ini intinya adalah membahas sebagai referensi bagi perusahaan untuk lebih memperhatikan faktor fundamental perusahaan dalam mengeliminir pengaruh risiko pasar sehingga nilai perusahaan akan lebih tinggi dan akhirnya akan bisa memberikan
kemakmuran bagi stakeholders.

link jurnal : jurnal
Note : Jurnal ini merupakan kumpulan jurnal, judul yang saya bahas yaitu “Faktor-faktor Fundamental yang Mempengaruhi Resiko Saham” ada pada halaman 82. 

Minggu, 02 Desember 2012

Jaringan Komputer Lanjut


1.      Apakah yang dimaksud dengan komunikasi broadband?
2.      Sebutkan keuntungan SONET!
3.      Jelaskan prinsip kerja dari ATM!
4.  Apakah yang dimaksud dengan DSL?


   Jawaban

1.      Komunikasi Broadband merupakan komunikasi data yang memiliki kecepatan tinggi dan juga memiliki bandwidth yang besar.  Ada beberapa definisi untuk komunikasi broadband, antara lain : menurut rekomendasi ITU No.I.113, " Komunikasi broadband didefinisikan sebagai komunikasi dengan kecepatan transmisi 1,5 Mbps hingga 2,0 Mbps ", sedangkan menurut FCC di amerika, " Komunikasi Broadband dicirikan dengan suatu komunikasi yang memiliki kecepatan simetris ( up-stream dan down-stream ) minimal 200 kbps. Maka dari itu komunikasi broadband sering disebut juga dengan komunikasi masa depan.

2.      Keuntungan SONET
·         Dapat memberikan fungsionalitas yang bagus baik pada jaringan kecil, medium, maupun besar.
·         Collector rings menyediakan interface ke seluruh aplikasi, termasuk local office, PABX, access multiplexer, BTS, dan terminal ATM.
·         Manejemen bandwith berfungsi untuk proses routing, dan manajemen trafik.
·         Jaringan backbone berfungsi menyediakan konektifitas untuk jaringan jarak jauh.
·         Memiliki fitur redudansi yang mirip dengan FDDI.

3.   Prinsip pada ATM
·   Pada ATM, informasi dikirim dalam blok data dengan panjang tetap yang disebut sel. Sel merupakan unit dari switching dan transmisi.
·      Untuk mendukung layanan dengan rate yang beragam, maka pada selang waktu tertentu dapat dikirimkan sel dengan jumlah sesuai dengan rate-nya.
·       Sebuah sel terdiri atas information field yang berisi informasi pemakai dan sebuah header.
·       Informasi field dikirim dengan transparan oleh jaringan ATM dan tak ada proses yang dikenakan padanya oleh jaringan.
·    Urutan sel dijaga oleh jaringan, dan sel diterima dengan urutan yang sama seperti pada waktu kirim.
· Header berisi label yang melambangkan informasi jaringan seperti addressing dan routing.Dikatakan merupakan kombinasi dari konsep circuit dan packet switching, karena
·       ATM memakai konsep connection oriented dan mengggunakan konsep paket berupa sel.
·  Setiap hubungan mempunyai kapasitas transfer (bandwidth) yang ditentukan sesuai dengan permintaan pemakai, asalkan kapasitas atau resource-nya tersedia.
·   Dengan resource yang sama, jaringan mampu atau dapat membawa beban yang lebih banyak karena jaringan mempunyai kemampuan statistical multiplexing.

4.   DSL (Digital Subcriber Line) merupakan atu set teknologi yang menyediakan penghantar data digital melewati kabel yang digunakan dalam jarak dekat dari jaringan telepon setempat, biasanya kecepatan downolad dari DSL berkisar dari 128 kbit/d sampai 24.000 kb/d tergantung dari teknologi DSL tersebut. Kecepatan upload lebih rendah dari download untuk ADSL dan sama cepat untuk SDSL.
 contoh teknologi DSL (kadang disebut dengan xDSL) termasuk:
- High-bit-rate Digital Subscriber Line (HDSL)
- Symmetric Digital Subscriber Line (SDSL)
- Asymmetric Digital Subscriber Line (ADSL)
- Rate-Adaptive Digital Subscriber Line (RADSL)
- Very-high-bit-rate Digital Subscriber Line (VDSL)
- Very-high-bit-rate Digital Subscriber Line 2 (VDSL2)
- G. Symmetric High-speed Digital Subscriber Line (G.SHDSL)


Jumat, 09 November 2012

Franchise Black Canyon Coffee dan Analisis Mengenai Official Website-nya


Black Canyon didirikan oleh Dr. Thanong Bidaya dan Mr. Pravit Chitnarapong. Black Canyon – Thailand berdiri pada tahun 1993 dengan menyajikan kopi, makanan, dan minuman berkualitas premium dengan harga yang terjangkau di bawah merek Black Canyon Coffee. Black Canyon Coffee telah berkembang lebih dari 170 outlet di kawasan Thailand. Pada tahun 2002 Black Canyon Coffee membuka cabang pertama di luar thailang yaitu Singapura dan diikuti oleh Malaysia, Indonesia, dan Myanmar.
Berkembangnya Black Canyon Coffee di Indonesia dimulai sejak dibukanya outlet pertama di Bali tepatnya di Discovery Shopping Mall Ruko A32 - A33 pada tahun 2005, kemudian masih di Discovery Shopping Mall Unit MG 109 telah berdiri outlet kedua, outlet ketiga tepatnya di Carrefour Sunset Road Denpasar.Hingga kini Black Canyon Coffee Indonesia telah membuka 18 cabang di kota besar seperti Medan, Batam, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Manado, Makasar, Surabaya dan Bali. 

Black Canyon Coffe Outlet di Indonesia :
1.      Bali
  •          Boshe
  •          Discovery Shopping Mall
  •         KutaBex
  •          Seminyak Square
2.      Balikpapan
·         BSB
3.      Bandung
·         Paris Van Java
4.      Batam
·         Mega Mall
5.      Jakarta
·         C'One
·         Cikini
·         Cipete
·         CITOS
·         Kemang
·         Kota Kasablanka
·         La Piazza
·         MOI
6.      Jambi
·         Jambi Town Square
7.      Yogyakarta
·         Rafflesia
8.      Makasar
·         MARI
·         Pattimura
9.      Manado
·         Mantos
·         MTC
10.  Medan
·         Cambridge
11.  Semarang
·         Candi Baru
12.  Surabaya
·         SUTOS
·         TP3
13.  Tangerang
·         SMS

Kopi yang digunakan tumbuh di Thailand dan diawasi oleh kerajaan Thailand, Black Canyon Coffee juga memiliki fasilitas pengemasan dan pembakaran khusus, sehingga kesegaran kopinya tetap terjamin. Black Canyon Coffee adalah Coffee House terkemuka yang selain menyediakan kesegaran kopi terbaik juga menyediakan makanan sehat dengan harga terjangkau dilokasi ternyaman. Setelah melewati beberapa tahun, Black Canyon Coffee telah memperkenalkan banyak  konsep  makanan baru, seperti menu makanan inovatif “International  Thai  Cuisine“ yang  menggabungkan  perpaduan antara  menu makanan Eropa dan Asia secara unik. Penyajian dalam buku menu juga dibuat berbeda, yaitu  dengan “Menu Majalah” yang membuat pengunjung dapat lebih mengerti tentang menu-menu yang ada di Black Canyon Coffee.
Setiap  produk   makanan   BCC,   sangat   memperhatikan   standar   dan kualitasnya untuk menghasilkan makanan yang sehat, lezat dan bergizi. BCC juga berhati-hati dalam memilih menu yang di sajikan. Mulai dari pemilihan koki yang berpengalaman, bahan-bahan pokok yang berkualitas tinggi dengan kesegaran dan standart  kehigienisan  yang  terjamin.  Resep  Black   Canyon  didesain  dengan menggunakan tanaman obat-obatan dan berbagai macam bumbu  alami. Dapat dipastikan  bahwa  setiap  makanan  yang  tersaji  dengan  memiliki  kesegaran, standart yang sama untuk setiap pelanggan.

Logo Black  Canyon  Coffee

Logo dari  Black  Canyon  coffee  menggambarkan  seorang  koboi  yang sedang  menikmati secangkir kopi. Typeface yang digunakan sangat America / Western taste. Logo  koboi   menggambarkan   ketangguhan   seorang   koboi   Amerika, kemaskulinan   yang   menonjol.   Tetapi   dibalik   kesan   ketangguhan   tersebut digambarkan bahwa koboi tersebut dapat menikmati waktu bersantainya dengan secangkir kopi yang berkualitas dan terjamin dari Black Canyon.

Tentang Black Canyon Coffee

BLACK CANYON COFFEE merupakan franchise kopi terbesar yang berasal dari Thailand yang menyajikan kualitas kopi terbaik, pilihan rasa dan aroma yang dibuat dari 100 % biji kopi pilihan yang diimport dari tumbuhan terbaik di dunia yang sama baiknya dengan biji Arabica asli yang tumbuh di kawasan pegunungan kawasan barat Thailand. Selain menyediakan kesegaran kopi terbaik juga menyediakan makanan sehat Thai International Cuisine dengan harga terjangkau dilokasi ternyaman.
Dengan motto A Drink from paradise…Available on Earth yang terinspirasi dari kata - kata Thalirene’s yang terkenal seperti “The best coffee is as black as the devil, hot as hell, pure as an angel, and sweet as love!".

VISI DAN MISI
Visi:
“Menjadikan Coffee House dan Restaurant terkemuka di Indonesia”
Misi:
®    Memberikan manfaat F&B industri di Indonesia
®    Menumbuhkan bisnis di daerah
®    Menciptakan lapangan kerja
®    Meningkatkan taraf hidup

Produk Black Canyon Coffee

Black Canyon Coffee hadir di tengah masyarakat dengan 2 jenis produk yang ditawarkan yaitu Makanan dan Minuman. Makanan di Black Canyon disajikan dengan hidangan yang lengkap yang  merupakan  citarasa  Timur  dan  Barat  yang  terbaik  mulai  dari steak, salad, snack, appetizier, hingga nasi goreng ala Thai dan Indonesia. Sedangkan minuman, BCC tentunya menyediakan berbagai jenis kopi, coklat, teh, susu, jus buah dan juga softdrink.

Tampilan Website Black Canyon Coffee




Minuman dan Makanan 




 Kelebihan dan Kekurangan Website

Menurut saya, situs Black Canyon Coffee ini sudah cukup menarik. Tampilan situs ini terlihat simple dengan menggunakan warna coklat yang menggambarkan warna dari kopi. Halaman pada situs ini menggunakan flash untuk menampilkan gambar menu coffee(minuman) atau makanan yang tersedia. Flash disini menggambarkan sebuah buku yang terlihat menarik bagi pengguna, seakan-akan sedang membuka halaman pada buku menu. Situs BCC ini juga menampilkan situs jejaring social seperti facebook dan twitter yang bisa langsung diakses. Situs ini juga mudah untuk dipahami. Namun, situs ini juga memiliki kekurangan yaitu tampilan yang hampir sama seperti tampilan blog pada umumnya. 


Sumber : http://digilib.petra.ac.id/v